Wah Airbus A320 Pertama Lion Keluar dari Hanggar di Prancis

Share

WWW.K-TRAVEL.INFO – KARAWANG TRAVEL | Pesawat Airbus pertama untuk Lion Group Indonesia telah keluar dari hanggar pengecatan di Toulouse, Prancis. Pesawat yang sudah dilengkapi dengan logo ini akan dikirim pada kuartal ketiga 2014 dan dioperasikan oleh Batik Air.

Batik Air adalah unit layanan penuh Lion Group untuk jaringan domestik dan regional yang terus berkembang.

Dalam keterangan tertulis Airbus yang dikutip Kamis 12 Juni 2014, disebutkan, pesawat ini merupakan armada pertama dari pesanan besar Lion Group dengan total 234 pesawat A320. Terdiri atas 109 armada A320neo, 65 armada A321neo, dan 60 armada A320ceo.

Sebelumnya diberitakan, pemesanan oleh Lion Air itu telah dilakukan pada Maret 2013. Pemesanan itu diresmikan dalam upacara khusus pada Senin 18 Maret 2013 di Istana Elysee Paris.

Penandatanganan dokumen dilakukan oleh pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Lion Air, Rusdi Kirana serta Presiden dan CEO Airbus, Fabrice Bregier. Presiden Prancis, Francois Hollande, pun turut menyaksikan penandatanganan kerja sama tersebut.

Meski tidak disebutkan detail nilai transaksinya, sumber yang mengetahui transaksi tersebut menyebutkan, satu unit pesawat itu diperkirakan senilai US$100 juta. Jika Lion memesan 234 pesawat, nilai mencapai US$23,4 miliar atau hampir Rp225 triliun.

Dengan penataan satu kelas, pesawat A320 dapat mengakomodasi 180 penumpang. Sementara itu, dengan konfigurasi kabin terbaru, A321, dapat mengakomodasi 236 penumpang. Grup Lion Air akan menggunakan pesawat-pesawat itu untuk memenuhi kebutuhannya dalam mengembangkan rute domestik dan regional.

“Tipe pesawat A320 yang hemat bahan bakar akan memungkinkan Lion Air untuk beroperasi dengan biaya terendah dan tetap menawarkan tarif paling kompetitif di Asia,” ujar Rusdi Kirana, saat itu.

Pemesanan bersejarah ini, Rusdi mengklaim, akan memastikan bahwa Grup Lion Air akan melanjutkan ekspansinya dengan armada pesawat termodern dan tercanggih di dunia.

“Ini merupakan pemesanan pertama Lion Air, salah satu low cost carriers dengan pertumbuhan pesat di Asia,” ujar Presiden dan CEO Airbus, Fabrice Bregier.

Bregier mengatakan, kesepakatan ini menekankan pesawat tipe A320 sebagai pemimpin pasar, yang terus menarik pelanggan baru. “Baik dengan pilihan mesin sekarang ataupun yang baru. Kami sangat menantikan Lion Air sebagai salah satu pengguna pesawat Airbus terbesar,” tuturnya.

Sumber :

© VIVA.co.id

(419)

Share
3