Tempat Wisata Curug Di Karawang Cocok Untuk Liburan

Share

Mengunjungi tempat-tempat wisata yang menyuguhkan keindahan panorama alam dan daya tarik lainnya pastilah menyenangkan. Indonesia telah diakui sebagai negara destinasi wisata karena memang kaya akan budaya dan juga keindahan alamnya. Dari sekian banyak destinasi wisata di Indonesia, salah satunya adalah Karawang.

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat, Karawang memiliki tempat-tempat wisata yang tak kalah dengan kota-kota lain di Indonesia. Nah, berikut tempat wisata Curug / air terjun di Karawang yang asyik untuk berlibur.

1. Curug Bandung
Terletak di Desa Mekarbuana Kecamatan Tegalwaru yang berjarak sekitar 42 km dari ibu kota Karawang. Curug Bandung merupakan tempat wisata di Karawang yang paling populer. Untuk ke lokasi, Anda harus berjalan kurang lebih 3 km.

Namun, rasa lelah Anda akan terbayar begitu melihat air terjun yang keindahannya begitu eksotis. Keunikan tempat wisata ini terletak pada keberadaan 7 air terjun dalam satu aliran sungai, dan aliran yang paling besar adalah Curug Bandung.

2. Curug Cigentis
Belum puas menikmati indahnya panorama air terjun, datanglah ke Curug Cigentis karawang. Lokasinya tidak jauh dari Curug Bandung, yakni di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru.


Belum puas menikmati indahnya panorama air terjun, datanglah ke Curug Cigentis karawang. Lokasinya tidak jauh dari Curug Bandung, yakni di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru.

3. Curug Cikarapyak
Jika Anda senang bertualang dan menyukai kegiatan pecinta alam, maka liburan di Curug Cikarapyak bisa menjadi pilihan. Tempat wisata di Karawang ini terletak di Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru. Medan perjalanan menuju lokasi cukup berat, karena hanya ada jalan setapak menyusuri sungai berbatu, menerabas semak belukar, dan naik turun tebing.

Meski demikian, segala jerih payah yang telah dilakukan akan terbayar begitu sampai di lokasi air terjun. Anda akan dihadapkan pada pemandangan alam yang luar biasa indah dan menyejukkan. Seolah sulit digambarkan dengan kata-kata. Silakan datang sendiri untuk membuktikannya.

4. Curug Cikapundan
Masih berkutat pada wisata alam air terjun, Curug Cipanundaan menjadi salah satu tempat wisata di Karawang yang harus dikunjungi. Curug ini memiliki 3 tingkat yang begitu indah. Aliran airnya yang tidak begitu deras sehingga aman bagi pengunjung yang ingin berenang menikmati kesegarannya.

Sayangnya, tempat wisata ini kurang cocok sebagai destinasi wisata keluarga, karena medan untuk mencapai lokasi cukup berat sehingga tak aman untuk anak-anak.

5. Curug Lalay

Curug Lalay berada diantara perbatasan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Bogor, jadi buat kamu yang menetap di dua kota itu, udah deh gak usah kebanyakan mikir, langsung aja sambangi curug ini. Curug Lalay lumayan belum terekspos loh, jadi masih dijamin keasrian dan kesegaran airnya. Untuk mencapai lokasi curug, kamu harus sedikit berlelah-lelah bahagia karena lokasi yang tersembunyi di balik lembah. Bisa kamu bayangkan seberapa ademnya tempat ini. Bahkan menurut warga sekitar, air dari curug ini barasal dari mata air kelima yang datang langsung dari lereng Gunung Tangkuban Perahu.

Tapi kalau kamu ingin berkunjung, kamu bisa mengandalkan plang Madrasah Ibtidaiyah Cisasawi, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong dan bertanyalah pada warga sekitar. Gak usah takut, orang Indonesia itu ramah-ramah kok. Untuk mencapai lokasi curug, kamu sebaiknya berjalan kaki melewati kebun penduduk, menyusuri sungai, dan naik turun bukit dan lembah.

Sumber: ngadem.com

(37)

Share
3