Revitalisasi KRL, Cara Ampuh Atasi Macet DKI

Share

tiket kereta api online

Moda transportasi ini memiliki daya angkut banyak dan penumpang yang loyal.

 

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan salah satu solusi mengatasi kemacetan di Jakarta adalah mengembangkan sistem transportasi berbasis rel.

Oleh karena itu, terang dia, revitaliasasi kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek harus segera dilakukan. Namun, pengembangan harus terintegrasi dengan sistem angkutan umum lain dan tata ruang kota Jakarta. “Ya memang kami berharap ada integrasi,” kata Fauzi Bowo kepada VIVAnews.com.

Menurutnya, angkutan berbasis rel lebih baik karena moda transportasi ini memiliki daya angkut banyak dan penumpang yang loyal. Selain itu, jalur kereta berbentuk melingkar, sehingga tidak perlu dikembangkan apa-apa lagi. Tidak seperti jalan raya yang linier.

Dengan demikian, sebaiknya sistem tata ruang dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat warga. Dia mengungkapkan revitalisasi bukan hanya memikirkan point to point penumpang.

Sebab mereka berasal dari suatu pemukiman yang akan berangkat ke tempat kegiatan. Untuk itu, rencananya Pemprov DKI akan menggandeng PT Kereta Api dalam menggarap proyek ini.

“Harus sepakati, misalnya, stasiun mana yang mau kita kembangkan, misalnya Manggarai. Bukan stasiunnya tapi tata ruang sekitar Manggarai itu yang harus memback up ini. Terus infrastruktur lainnya siapa,” kata dia.

“Mahal memang. Tapi  itu yang paling menguntungkan,” ujarnya lagi.

• VIVAnews

(335)

Share
2