Menjelajah Pasar Terapung dan Pulau Kambang di Banjarmasin

Share

Menjelajah Pasar Terapung dan Pulau Kambang di BanjarmasinMenjelajah Pasar Terapung dan Pulau Kambang di BanjarmasinMenjelajah Pasar Terapung dan Pulau Kambang di BanjarmasinMenjelajah Pasar Terapung dan Pulau Kambang di BanjarmasinMenjelajah Pasar Terapung dan Pulau Kambang di BanjarmasinJalan-jalan seru di Banjarmasin dengan waktu singkat. Anda jangan melewatkan Pasar Terapung dan Pulau Kambang. Tidak perlu waktu yang panjang untuk melihat suasana indah ini.

Pasti banyak yang masih ingat akan iklan salah satu televisi swasta, dimana ada seorang ibu-ibu penjual sayur memakai perahu di sebuah sungai besar. Itulah pasar terapung, sungguh unik dan membuat rasa penasaran. Pasar terapung adalah ikon dari kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kota yang penuh dengan pesona seribu sungainya. Jika kita sedang berada di Banjarmasin tentu Pasar Terapung adalah objek wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Pasar Terapung berada tidak terlalu jauh dari pusat kota Banjarmasin. Kita harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk tepian Sungai Kuin, dimana dari sinilah kita akan menuju pasar terapung. Jika ingin ke pasar terapung kita harus bangun pukul 03.00 pagi, karena pasar terapung dimulai dari pukul 03.30 dan berakhir pada pukul 07.00. Tentu kalau telat, kita akan kehilangan banyak momen di Pasar Terapung. Banyak hotel di kota Banjarmasin yang sudah menyediakan paket menuju pasar Terapung. Jika Anda tidak mau menggunakkan paket dari hotel, Anda bisa menggunakan taksi atau ojek untuk pergi ke Pasar Terapung dan tentu lebih murah.

Sesampainya di tepian Sungai Kuin, kita langsung bisa memilih jukung (perahu) yang akan mengantarkan kita berpetualang berkeliling di Pasar Terapung. Jangan khawatir akan kondisi jukung (perahu) yang digunakan,karena jukung (perahu) rata-rata dalam kondisi yang sangat baik. Biasanya ada dua pilihan paket yang ditawarkan oleh penyewa jukung (perahu) yaitu paket berkeliling pasar terapung dan paket keliling Pasar Terapung serta ke pPlau Kambang. Pulau yang berada di tengah Sungai Kuin yang berisikan monyet dengan jarak yang tidak jauh dengan pasar terapung. Harga yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda,h anya selisih Rp 50.000,Tentu bagi kita yang ingin benar –bener berwisata lebih memilih paket yang komplit yaitu menjelajah pasar terapung dan mampir ke Pulau Kambang .

Menjelajah Pasar Terapung di pagi hari sangatlah menyenangkan, udara pagi yang segar, pemandangan sunrise dan suasana di sekeliling sungai yang tak kalah indah. Bagi Anda yang membawa kamera tentu ini menjadi objek yang indah untuk diabadikan dengan mata lensa kamera. Di sini banyak yang bisa anda beli, terutama sayur-sayuran dan buah-buahan dengan harga yang murah dan tentunya dapat ditawar pula. Kebanyakkan buah dan sayur yang dijual adalah hasil dari petani setempat yang masih segar. Untuk anda yang tidak sempat sarapan, tenang saja. Di Pasar Terapung ini anda bisa sarapan dengan makanan khas Banjar seperti Soto Banjar. Soto khas Banjar ini mempunyai cita rasa yang khas dengan kuah yang kental dan sangat terasa kaldu ayam, biasanya dihidangkan dengan lontong. Tentu pengalaman yang menarik bisa sarapan pagi di perahu dan tengah Sungai Kuin yang bermuara ke Sungai Barito ini.

Lazada Indonesia

Selain keunikkan dan keindahan yang kita bisa lihat dari Pasar Terapung tentu,kita bisa melihat sebuah nilai yang lebih penting,yaitu sebuah nilai semangat yang tinggi dari para pedagang. Penjual di Pasar Terapung adalah ibu-ibu paruh baya yang sudah dari subuh sudah mulai berjualan dengan menggunakkan perahu yang seadanya. Tentu nilai semangat ini harus dapat kita tiru untuk menambah semangat setelah berlibur dan memulai kegiatan apapun. Banyak wisatawan, baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri salut akan hal ini.

Setelah puas berkeliling di pasar terapung, kita bersiap untuk menuju ke Pulau Kambang. Pulau Kambang adalah pulau yang berada di tengah Sungai Kuin dan berisikan monyet- monyet yang sangat banyak. Pulau ini dijadikan tempat wisata alam oleh Pemerintahan kabupaten Kapuas Kuala. Walau dekat dengan Kota Banjarmasin tapi Pulau Kambang, masuk dalam wilayah adminitrasi Kabupaten Kapuas Kuala.

Sebelum menuju pulau ini, ada baiknya kita membeli buah tangan seperti pisang atau kacang untuk monyet -monyet yang berada di dalam Pulau Kambang. Jarak dari Pasar Terapung ke Pulau Kambang tidaklah jauh, hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk bisa sampai ke sana. Ketika kita akan mendekati pulau kambang biasanya para monyet menyambut dengan berenang mendekati perahu. Berhati-hatilah dengan semua barang bawaan Anda, karena para monyet yang berhasil masuk ke atas perahu biasa suka jahil mengambil barang-barang yang berada di dalam kapal, di sinilah perlunya membawa buah tangan buah para penunggu Pulau Kambang itu.

Sesampainya di Pulau Kambang, Anda harus membayar uang tanda masuk sebesar Rp 10.000, setelah itu Anda siap untuk berkeliling pulau dan tentunya akan ditemani oleh para monyet serta beberapa pemandu. Ketika berkeliling, kita dimanjakan oleh pemandangan hutan yang masih asri. Konon jika beruntung kita bisa menemukkan si raja monyet. Raja monyet yang dimaksud adalah monyet besar yang menjadi pimpinan dari rombongan para monyet yang ada di Pulau Kambang.

Lazada Indonesia

Banyak mitos mengenai keberadaan monyet-monyet di Pulau Kambang ini. Memang monyet-monyet di pulau Kambang ini sudah ada sejak lama. Hal ini diungkapkan oleh beberapa pemandu di pulau ini. Mereka mengatakan monyet-monyet ini sudah ada pada zaman kerajaan dahulu. Selain itu ada mitos lain mengenai monyet-monyet di pulau Kambang ini, bagi siapa saja yang berani membawa monyet dari Pulau Kambang keluar dari pulau, biasanya akan menjadi sakit. Tetapi terlepas dari itu, para monyet di Pulau Kambang sangat bersahabat dengan para pendatang. Mereka pun sudah akrab dengan kamera, sehingga tidak sulit untuk mengajak mereka berfoto apalagi kalau mereka diberikan makanan seperti pisang atau kacang.

Setelah puas berkeliling Pulau Kambang, saatnya kembali ke perahu untuk menyusuri Sungai Kuin dan kembali ke tepian. Dengan demikian berakhirlah perjalanan menyelusuri keindahan Pasar Terapung dan Pulau Kambang. Untuk menyelusuri keindahan kedua tempat ini tidaklah membutuhkan waktu yang panjang, karena sekitar pukul 08.30 Anda sudah bisa kembali berada di darat dan melanjutkan kegiatan atau perjalanan lainnya.

Jadi tunggu apalagi, segera rencana liburan Anda sekarang juga dan Pasar Terapung serta Pulau Kambang di Kalimantan Selatan. Ini adalah salah satu rekomendasi yang bagus untuk mengisi liburan Anda, agar setelah liburan bisa kembali semangat dan ceria untuk menjalankan kegiatan apapun.

oleh : Reynaldo Eka Putra via detik.travel

 

(225)

Share
2