Mau Berwisata ? Sebaiknya Hindari Kesalahan Ini

Share

WWW.K-TRAVEL.INFO | Saat melakukan perjalanan wisata, tidak sedikit orang yang lalai terhadap beberapa hal. Bahkan melakukan kelalaian yang sama berulang kali. Berikut kesalahan-kesalahan umum yang kerap terjadi.

Membawa terlalu banyak barang

Saat melakukan perjalanan, pikirkan efektivitas dari barang-barang yang Anda bawa. Menurut survei dari Travelodge, 2 hingga 3 traveler membawa pulang setidaknya enam pakaian yang tidak digunakan selama perjalanan. Seperti kaus kaki misalnya. Anda bisa menggunakan kaus kaki yang sama sebanyak dua kali. Tidak perlu mengganti dengan kaus kaki baru setiap harinya.

Tidak mengatur fitur roaming di telepon genggam

Mengatur telepon genggam Anda agar tidak sembarangan menerima sms atau telepon roaming adalah hal yang penting dilakukan jika tidak ingin pulsa Anda habis begitu saja karena biaya roaming.

Tidak memastikan aturan penggunaan visa di destinasi tujuan

Sebelum berangkat ke luar negeri, pastikan terlebih dahulu apakah Anda bisa memasuki negara tersebut dengan atau tanpa visa. Sebagian negara mengizinkan wisatawan Indonesia untuk datang hanya dengan visa on arrival (VOA), dan sebagian lainnya mewajibkan Anda untuk mengurus visa terlebih dahulu. Pastikan negara tujuan Anda termasuk ke dalam jenis yang mana. Jika tidak, Anda bisa ditolak saat pemeriksaan dokumen sebelum berangkat.

Tidak mencetak bukti pemesanan

Meski bukti pemesanan tersedia di dalam gadget yang Anda miliki, akan lebih baik jika Anda juga membawa bukti cetak pemesanan yang Anda lakukan. Gadget yang Anda miliki bisa saja mati atau tidak berfungsi sewaktu-waktu.

Lupa menukar mata uang di Bandara

Sebaiknya tukarkan uang sebelum berangkat atau paling tidak di bandara. Sehingga, Anda bisa langsung melanjutkan perjalanan tanpa repot mencari money changer. Mencari money changer di luar bandara akan menghabiskan waktu Anda.

Menganggap Anda mengetahui waktu tepat memesan tiket pesawat

Menurut Travelers Today, hari terbaik untuk memesan tiket pesawat adalah 21 hari dan 34 hari sebelum penerbangan domestik dan internasional. Menurut Cheapair.com, waktu terbaik adalah 79 hari dan 81 hari sebelum keberangkatan.

Sementara menurut riset yang dilakukan Texas A&M University, hari Sabtu dan Minggu merupakan hari yang paling tepat untuk mencari diskon tiket. Mengikuti aturan tersebut tidak menjamin Anda mendapatkan tiket termurah. Rajin memantau harga tiket dan berlangganan newsletter dari situs maskapai penerbangan adalah pilihan yang bijak. (KOMPAS)

(354)

Share
2