Ini Tips Jika Kamu Terjebak Banjir Saat Roadtrip

Share

family-road-trip

WWW.K-TRAVEL.INFO | Hujan sedang sering sekali turun sedangkan Anda sedang liburan. Liburan dengan mobil, atau roadtrip bisa jadi bencana saat terkena banjir. Tenang, berikut tipsnya!

Bagaimana jika Anda sedang melakukan roadtrip dan tiba-tiba terjebak banjir di tengah jalan. disusun detikTravel, Kamis (29/1/2014) inilah 5 tips saat terjebak banjir waktu roadtrip:

1. Jangan memaksa

Memaksakan tetap melaju saat sudah banjir benar-benar tinggi akan menghancurkan liburan Anda. Daripada memaksa dan akhirnya mobil mogok, lebih baik mencari alternatif lain.

Usahakan untuk melihat sedalam apa banjir yang ada di hadapan. Jika dirasa tidak bisa dilewati, sebaiknya berhenti saja.

2. Segera pantau informasi

Jangan langsung putus asa. Tenang masih ada harapan. Banjir pasti surut. Anda hanya perlu menunggu lebih sabar. Segera pantau informasi mengenai banjir

Banyak radio yang akan mengumumkan perkembangan mengenai banjir. Aneka media massa, media online seperti detikcom dan media sosial juga memberikan informasi paling update mengenai perkembangan banjir.

3. Cari posisi tinggi

Jika ada kesempatan, segera pinggirkan kendaraan di area yang cukup tinggi. Siapa tahu banjir makin meninggi dan kendaraan Anda terjebak, berada di posisi tinggi lebih memungkinkan untuk menyelamatkan mobil.

Tapi jangan lupa untuk memastikan area parkir aman. Jangan parkir di tepi jurang, atau di area yang mudah longsor. Lalu, jangan terlalu jauh atau terlalu lama meninggalkan kendaraan.

4. Tanya warga lokal

Saat jalan utama banjir, salah satu cara jitu keluar dari jebakan air tersebut adalah bertanya jalan kepada warga lokal. Mereka tentu mengetahui ragam jalan alternatif yang bisa Anda lewati.

Dengan memilih salah satu jalan yang aman, Anda pun bisa bebas banjir. Roadtrip pun bisa dilanjutkan.

5. Usahakan putar balik

Ini adalah langkah terakhir, jika benar-benar tidak ada jalan lainnya. Segeralah putar balik jika semua cara di atas sudah tidak bisa dilakukan.

Tak ada salahnya mundur sebentar dari jadwal, namun bisa melanjutkan perjalanan dengan lebih aman nantinya.

Artikel di ambil dari : detik.com

(416)

Share
2