Ini Skema Perpindahan Maskapai di Terminal Cengkareng

Share

KARAWANGTRAVEL.COM | Manajemen Bandara Soekarno-Hatta akan memindahkan sejumlah maskapai dari terminal asal ke terminal lain menyusul operasional Terminal 3 New pada Selasa (9/8/2016) . Maskapai yang akan berpindah tempat adalah AirAsia, Sriwijaya Air, Nam Air, dan Lion Air.

“Rencananya perpindahan maskapai ini akan dilakukan tiga hari setelah Terminal 3 New beroperasi. Nanti penerbangan domestik Garuda Indonesia dari Terminal 2F kan pindah ke Terminal 3 New, perpindahan maskapai lainnya akan kami sosialisasikan,” kata Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Angkasa Pura II Djoko Murjatmodjo kepada KOMPAS, Senin (8/8/2016).

Djoko menjelaskan, maskapai AirAsia yang tadinya beroperasi di Terminal 3 (existing) akan pindah ke Terminal 2E dan 2F. Penerbangan AirAsia yang dimaksud berlaku untuk penerbangan domestik dan internasional.

Maskapai berikutnya yang akan pindah adalah Sriwijaya Air dan Nam Air, dari Terminal 1B ke Terminal 2F. Kemudian, penerbangan Lion Air rute Denpasar, Yogyakarta, Semarang, dan Solo dari Terminal 3 (existing) akan dipindahkan ke Terminal 1B. Nantinya, Terminal 3 (existing) sementara waktu akan dikosongkan dan dilakukan pengerjaan agar bangunannya terhubung dengan Terminal 3 New.

Sedangkan bagi maskapai lain yang belum dipindahkan, menurut Djoko, masih dalam tahap kajian dan pembahasan oleh internal PT Angkasa Pura II bersama pihak maskapai.

Sebagai gambaran, ke depannya, semua penerbangan baik domestik maupun internasional Garuda Indonesia dan semua maskapai internasional akan menempati Terminal 3 New.

Pihak PT AP II juga akan merevitalisasi bangunan Terminal 1 dan 2 mengingat usianya yang sudah cukup berumur. Selain itu, dalam proses revitalisasi nantinya, sejumlah teknologi layanan penumpang juga akan ditambahkan, seperti baggage handling system atau sistem penanganan bagasi otomatis.

(29)

Share
7