Ini Opsi Bagi Calon Penumpang Mandala

Share

WWW.K-TRAVEL.INFO | KARAWANG TRAVEL – Maskapai Tigerair Mandala menghentikan operasi per 1 Juli 2014 mendatang. Rencana penghentian operasi ini sudah disampaikan kepada Kementerian Perhubungan.

Nah, bagaimana dengan nasib penumpang yang telah membeli tiket Tigerair Mandala  yang terbang setelah 1 Juli mendatang? Kementerian Perhubungan menyatakan, Tigerair Mandala sudah berkomitmen dan bertanggung jawab bagi penumpang yang telah membeli tiket.

Kepala Bagian Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Israfulhayat mengatakan, ada dua opsi penyelesaian bagi penumpang Tigerair Mandala tersebut. Kedua opsi itu adalah mengembalikan uang kepada penumpang (refund) atau mengalihkan penerbangan ke maskapai lainnya.

Untuk penerbangan internasional, Tigerair Mandala akan mengalihkan ke Tiger Air yang merupakan induk perusahaan. Sementara bagi penumpang domestik akan dilakukan proses refund sesuai metode pembayaran saat pembelian tiket. “Proses ini akan dilaksanakan selama satu bulan dan akan dimonitor oleh Kementerian Perhubungan,” ujar Israfulhayat dalam keterangan tertulisnya kepada KONTAN, Senin, (23/6/2014).

Jika terdapat keluhan, masyarakat bisa menyampaikan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Jika terbukti bersalah, Kementerian Perhubungan akan memberikan peringatan atau teguran kepada pihak Tigerair Mandala.

Saat ini Tigerair Mandala hanya berhenti dalam hal operasional pelayanan jasa angkutan udara, izin operasinya akan dikaji ulang setelah tiga bulan sejak berhenti beroperasi. Terkait dengan izin rute, masih tetap berlaku selama 1 (satu) bulan sejak penutupan operasi dan dapat diperpanjang sampai dengan dua bulan.

Namun demikian, apabila sampai dengan dua bulan tidak ada permohonan untuk beroperasi kembali dari Tigerair Mandala maka secara otomatis izin rutenya akan habis dan rute dimaksud akan ditawarkan kepada maskapai lain.

Rute penerbangan yang masih dilayani oleh  Mandala Airlines hingga Juni 2014 ada empat rute dalam negeri dan empat rute luar negeri. Rute tersebut yakni Jakarta – Pekanbaru; Jakarta – Singapura, Pekanbaru – Yogyakarta, Denpasar – Singapura, Jakarta – Denpasar, Jakarta – Bangkok, Yogyakarta – Palembang, Denpasar – Hongkong. Tigerair Mandala mempunyai sembilan unit pesawat dengan tipe A320.

Sebelumnya diberitakan, Tigerair Mandala akan menghentikan kegiatan operasional terhitung 1 Juli 2014.  Demikian keputusan Dewan Direksi dari PT Mandala Airlines, dalam siaran pers yagn diterima Kompas.com.

Keputusan tersebut, mempertimbangkan beberapa faktor, antara lain: kondisi pasar yang sedang turun, serta meningkatnya biaya operasional akibat depresiasi Rupiah yang cukup tajam.

© KOMPAS.COM

(362)

Share
2