Ini lah 5 Insiden Pintu Darurat Pesawat yang Menegangkan

Share

WWW.K-TRAVEL.INFO | Insiden pintu darurat pesawat Lion Air di Manado menambah panjang daftar insiden pintu pesawat dalam dunia penerbangan. Dalam kasus lain, ada penumpang membuka pintu pesawat karena ingin bunuh diri atau mabuk.

Pintu darurat pesawat tidak diizinkan dibuka saat terbang kecuali dalam keadaan darurat. Tapi, ada saja kejadian menegangkan atau kekonyolan para penumpang yang ingin membuka paksa pintu darurat tersebut. Dikutip dari detikTravel, Selasa (1/10/2013) inilah 5 kisahnya:

Lazada Indonesia

 

1. Anak muda nekat buka pintu darurat Alaska Airlines

Alexander Michael Herrera adalah pemuda 23 tahun yang naik penerbangan Alaska Airlines pada bulan Mei silam. Rutenya adalah dari Anchorage ke Portland. Saat pesawat hendak mendarat di Portland, tiba-tiba saja dia berdiri dan berusaha membuka pintu darurat pesawat.

Lantas, seorang penumpang berteriak ketakutan. Kru pesawat dan penumpang lainnya lalu menjatuhkannya dan mengikat kaki Herrera dengan 3 tali sepatu. Entah apa yang ada dipikiran Herrera saat itu, yang pasti dia dijebloskan ke penjara karena mengancam keselamatan penerbangan.

2. Pintu darurat Emirates Airbus Jumbo A380 terbuka saat terbang

Bulan Februari Silam, Emirates Airbus Jumbo A380 terbang dari Bangkok menuju Hong Kong. Penerbangannya lancar, hingga suatu kejadian menegangkan membuat seluruh penumpang panik. Pintu darurat pesawatnya terbuka 4 cm di ketinggian 27.000 kaki atau sekitar 8.229 meter.

Bunyi ledakan keras seperti bom pun terdengar oleh penumpang. Awak kabin bergerak cepat dan menambal lubang yang terbuka dengan selimut dan bantal yang diberi lakban. Alhasil pesawat terus terbang dan mendarat selamat, meski saat itu suhu di dalamnya mencapai 0 derajat Celius!

3. Penumpang ingin bunuh diri, nyaris buka pintu darurat AirTran

Pesawat AirTran 265 terbang dari Baltimore ke Austin, Texas pada Agustus silam. Saat pesawat hendak mendarat, seorang penumpang pria berdiri dan berusaha membuka pintu darurat pesawat. Penumpang lainnya berteriak ketakutan dan menjadi panik.

Beruntung, seorang tentara yang ada dalam penerbangan tersebut berhasil meringkusnya. Pesawat akhirnya mendarat dengan selamat. Seorang penumpang lainnya mengatakan, dia mendengar pria yang berusaha membuka pintu darurat pesawat itu sebelumnya berteriak ingin bunuh diri. Duh!

4. Penumpang mabuk nyaris buka pintu darurat British Airways

Lazada Indonesia

Seorang penumpang pria yang merupakan atlet kriket asal Sri Lanka, sedang dalam penerbangan dari St Lucia ke London. Usut punya usut, sebelumnya pria itu ternyata mabuk dan masih dalam pengaruh alkohol. Saat di ketinggian 10.668 kaki, dirinya nayris membuka pintu darurat pesawat!

Karena mabuk, dia menyangka pintu darurat pesawat adalah pintu toilet. Dia pun terlihat membukanya sekuat tenaga, membuat penumpang lainnya panik, dan akhirnya ditenangkan oleh awak kabin. Pria ini lalu meminta maaf dan mengakui kesalahannya.

5. Kepanasan di kabin, penumpang buka pintu darurat Lion Air

Kejadian ini baru saja terjadi Senin (30/9) lalu. Pesawat Lion Air JT 775 rute Manado-Jakarta mengalami delay karena pintu darurat dibuka penumpang. Sebab, para penumpang kecewa karena kepanasan selama 45 menit. Sebelumnya, ternyata pesawat sudah delay selama 1 jam.

Pembukaan pintu darurat tersebut diakui para penumpang karena ingin mencari udara segar. Mereka sebelumnya sudah komplain ke awak kabin, namun malah diberi tisu saja. Para penumpang akhirnya turun dan kecewa, mereka memilih penerbangan lain atau meminta pengembalian uang.

(359)

Share
2