Ini Kelompok Yang Akan Bersihkan Gunung Everest

Share

image

WWW.KARAWANGTRAVEL.COM |KELOMPOK berpengalaman dari India akan melakukan pendakian untuk membersihkan Gunung Everest dari tumpukan sampah.

Para pendaki yang tidak berhasil mendaki gunung setinggi 8.850 meter, banyak yang meninggalkan sampah yang menumpuk. Itulah sebabnya kelompok berpengalaman dari tentara India ini, ingin melakukan pendakian ke gunung tertinggi di dunia itu.

Menurut Indiatoday, mereka ingin mengambil sampah yang diperkirakan menumpuk hingga 4 ribu kilogram di Everest. Tim yang membawa 34 anggota ini akan melakukan pendakian pada pertengahan Mei dan berangkat dari Kathmandu.

Mereka akan mendaki gunung yang merupakan bagian dari Pegunungan Himalaya dan berada di perbatasan antara Nepal dan Tibet dengan tujuan yang mulia. Hal ini juga dilakukan untuk menandai 50 tahun sejak tim pertama India melakukan pendakian di Gunung Everest.

“Sayangnya, Gunung Everest sekarang disebut tempat barang rongsokkan tertinggi di dunia. Kami akan menargetkan mengambil limbah gunung dari Camp 1 (ketinggian 6 ribu meter) hingga puncak,” ujar Mayor Ranveer Singh Jamval selaku ketua tim kepada India Today dikutip dariCNN, Jumat (3/4/2015).

Berbagai macam limbah telah dibuang di gunung tersebut, kendati demikian, tim ini pun berencana untuk membawa sampah masing-masing 10 kilogram.

“Ada silinder tua, tenda, kaleng, paket, peralatan dan limbah gunung lainnya. Selain ransel kanvas kami sendiri dengan berat masing-masing 10 kilogram, kami berniat untuk membawa 10 kilogram masing-masing di perjalanan,” katanya.

Ekspedisi India ini bukanlah upaya pertama yang dilakukan para pendaki untuk membersihkan sampah. Pada 2008 lalu, Eco Everest Expedition yang meluncurkan perjalanan tahunan itu juga membersihkan limbah di gunung.

Mereka membawa sampah mereka sendiri dan sampah yang ditinggalkan orang lain untuk dibuang ketika turun kembali. Tahun lalu, otoritas pariwisata Nepal mulai meminta para pendaki untuk membawa sampah tambahan 9 kilogram selain sampah mereka sendiri.

(108)

Share
1