Ini Alasan Mengapa Lampu Pesawat Selalu Diredupkan Ketika Take Off dan Landing

Share

Karawang Travel | Jika kamu sering terbang menggunakan pesawat, pasti pernah terpintas pertanyaan di dalam benak kamu. Banyak sekali pertanyaan yang belum terjawab yang membuat para penumpang lain pun penasaran jika sedang berada di dalam pesawat.

Sadar atau tidak kita sadari, pasti kamu akan sangat bingung dan bertanya-tanya jika sedang melakukan perjalanan untuk berlibur dengan menggunakan pesawat terbang. Salah satupertanyaannya adalah mengapa di dalam pesawat tidak boleh menyalakan ponsel sementara itu ada pesawat tertentu yang dilengkapi fasilitas Wi-Fi, dan mengapa kebanyakan pesawat berwarna putih, atau mengapa penutup jendela harus dinaikkan ketika lepas landas?  tentunya semua ini memiliki alsan tersendiri.

Tapi, kali ini kita akan membahas hal lain yang mungkin kamu tidak sadari juga. Di sini kita akan mengungkap alasan mengapa lampu pesawat terbang selalu diredupkan ketika sedang atau hendak take off maupun landing. Berikut alasannya guys!

Seperti yang dilansir dari The Telegraph. Alasan pertama mengapa lampu pesawat diredupkan pada saat take off dan landing adalah bagian dari sistem keselamatan itu sendiri.

Menurut Patrick Smith (ahli penerbangan), yang merupakan salah satu pilot pesawat juga, menceritakan bahwa untuk meredupkan lampu kabin akan memberikan waktu kepada matapara  penumpangnya agar bisa menyesuaikan keadaan di dalam pesawat ketika dalam keadaan gelap.

Selain menyesuaikan keadaan di dalam pesawat, seorang pilot yang juga merupakan penulis buku yang berjudul Cockpit Confidential ini juga mengatakan bahwa lampu yang redup akan sangat memudahkan para penumpang untuk bisa melihat kondisi keadaan di luar pesawat.

Tak hanya itu saja, tentunya pihak maskapai tidak mungkin melakukan sesuatu yang tanpa alasan. Hal ini juga bisa membantu para penumpang dan para awak kabin untuk bisa melihat lampu atau simbol emergency yang tertera di dalam pesawat agar terlihat dengan sangat jelas.

Patrick Smith juga membeberkan kalau manusia itu butuh waktu kurang lebih 10 menit untuk bisa beradaptasi dengan keadaan gelap. Hal ini bisa saja terjadi sewaktu-waktu dalam keadaan darurat, apalagi jika suatu saat terjadi kecelakaan pesawat, karena kita tidak pernah ada yang tahu.

 

(92)

Share
27