Garuda Jadi Maskapai dengan Makanan Terbaik se-Asia Pasifik

Share

“Makanan di maskapai biasanya jadi salah satu alasan wisatawan segan terbang, apalagi untuk jarak jauh,”

Jakarta – Selain pelayanan, hal lain yang dinilai turis dari maskapai adalah makanan. Sebuah penilaian untuk maskapai dengan makanan terlezat di Asia Pasifik pun dibuat. Ternyata Garuda keluar sebagai pemenang. Hore!

Situs pencarian perjalanan global Skyscanner yang rutin mengadakan survei, kembali mengadakan poling. Kali ini, survei yang dikeluarkan bertema Airline Food Awards 2012.

“Makanan di maskapai biasanya jadi salah satu alasan wisatawan segan terbang, apalagi untuk jarak jauh,” kata Market Manager Skyscanner untuk Indonesia, Ira Noviani dalam rilis kepada detikTravel, Senin (14/1/2013).

Ada tiga kategori yang masuk dalam penilaian, yaitu kategori Maskapai Bertarif Rendah, kategori Penerbangan Jarak Pendek, dan kategori Penerbangan Jarak Jauh.

Survei ini dilempar kepada 200 blogger dan wisatawan internasional dari seluruh Asia Pasifik. Untuk melengkapi hasil ini, Skyscanner juga melakukan survei pendukung terhadap 1.500 wisatawan internasional.

Seluruh responden dimintai pendapatnya mengenai makanan yang tersaji dalam penerbangan. Beberapa kriteria pun dikeluarkan, antara lain rasa, penyajian, pilihan menu, dan khusus budget airline ada penilaian harga.

Ternyata dari 23 maskapai yang dinilai, Garuda Indonesia menjadi keluar sebagai pemenang. Maskapai nasional ini berhasil menyisihkan lawannya, yaitu Korean Air, Singapore Airlines, AirAsiaX dan AirChina yang masuk lima besar.

Lebih keren lagi, Garuda Indonesia masuk dalam 5 besar untuk kategori penerbangan jarak jauh dan jarak dekat sekaligus. Untuk kategori Penerbangan Jarak Pendek, Garuda berada di posisi kedua. Sedangkan kategori Penerbangan Jarak Jauh, maskapai ini berada di peringkat pertama.

Sementara itu, untuk kategori Penerbangan Bertarif Rendah, maskapai Tiger Airways berada di peringkat pertama. Ia mengalahkan 4 lawannya, yaitu Scoot (Singapura), AirAsia, Jeju Air (Korsel), dan Spring Airlines asal China.

Di kategori Penerbangan Jarak Dekat, Singapore Airlines berhasil menduduki peringkat pertama. Berada di posisi kedua ada Garuda Indonesia, Korean Air, Philippine Airlines dan China Southern.

Selain menilai maskapai dengan makanan terlezat, sebanyak 54 persen responden percaya bahwa secara umum, kualitas makanan di maskapai udara sudah bagus dan meningkat.

“Kualitas makanan di penerbangan telah meningkat, seiring kesadaran dari maskapai bahwa kelezatan makanan berpengaruh besar dalam memikat penumpang,” tutup Ira.

Berikut daftar pemenang hasil survei Skyscanner Asia Pacific Airline Food Awards 2012:

5 Besar Kategori Maskapai Bertarif Rendah:

1. Tiger Airways
1. Scoot
2. Air Asia
3. Jeju Air
4. Spring Airlines

5 Besar Kategori Penerbangan Jarak Pendek:

1. Singapore Airlines
2. Garuda Indonesia
3. Korean Air
4. Philippine Airlines
5. China Southern

5 Besar Kategori Penerbangan Jarak Jauh:

1. Garuda Indonesia
2. Korean Air
3. Singapore Airlines
3. Airasia X
5. Air China

(528)

Share
5