Buah Tangan Wajib Khas Makasar

Share

WWW.KARAWANGTRAVEL.COM | Saat anda jalan-jalan ke Kota Makasar, anda tentu nya ingin membawa buah tangan atau oleh-oleh untuk di berikan kepada keluarga atau pun teman dari kota asal anda. Pusat oleh-oleh yang lumayan terkenal di dareah Makasar terdapat di Jalan Somba Opu, Makasar. Di sini berjejer toko-toko oleh-oleh khas makasar yang bisa anda bawa pulang, mulai dari makanan hingga souvenir.

Banyaknya makanan dan souvenir yang di tawarkan, tentu membuat anda bingung harus pilih mana. Berikut kami rekomendasikan oleh-oleh atau buah tangan yang wajib anda bawa dari Makasar :

1. Kain Tenun Khas Bugis

Kain tenun dan sarung khas Bugis

Kain tenun dan sarung khas Bugis ini memiliki corak yang sangat khas dan warna yang beragam. Bahannya pun bisa dipilih mulai dari katung hingga sutera. Kain tenun khas Bugis dipatok mulai dari Rp35-200 ribu/meter, sementara untuk kain sarung dipatok mulai dari Rp20 ribu hingga ratusan ribu per lembarnya.

2. Otak-otak ikan tenggiri

otak otak ikan tenggiri

Otak-otak ikan tenggiri khas Makassar dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan kemudian dibakar. Nikmat dan tidak boleh dilewatkan sebagai oleh-oleh. Kita bisa dengan mudah menemukan penjual otak-otak ikan tenggiri di sepanjang pantai Losari. Namun, dua tempat yang sangat terkenal adalah Otak-otak Ibu Elly di Jl. Kijang dan Otak-otak Ibu Sanny di Jl. Lasinrang. Otak-otak untuk oleh-oleh ini biasanya dijual dalam bentuk mentah, dan tinggal dibakar saat sampai di rumah.

3. Baruasa

Baruasa

Merupakan kue tradisional Makassar yang mudah dijumpai di setiap sudut kota Makassar dengan harga yang terjangkau. Baruasa merupakan kue yang terbuat dari kelapa parut yang dikeringkan dengan tepung beras dan telur.

4. Minyak gosok cap tawon.

minyak gosok cap tawon

Siapa yang tidak mengenal minyak gosok serba guna dengan beragam manfaat ini. Minyak gosok khas Makassar ini sudah ada sejak tahun 1912. Tidak heran ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Makassar yang tidak boleh dilewatkan. Di daerah asalnya, minyak gosok tawon ini dijual dalam berbagai ukuran mulai dari kemasan terkecil 30 ml hingga ukuran super besar yakni 330 ml. Harganya beragam mulai dari Rp 11.000 hingga Rp 105.000. Selain itu, minyak ini juga tersedia dalam dua jenis, yakni yang memiliki tutup warna merah dan putih. Khasiat keduanya sebenarnya sama saja, bedanya adalah panasnya yang terasa lebih kuat pada minyak cap tawon bertutup putih.

5. Bannang-bannangBannang-bannang

Nama banning-bannang berarti benang-benang, sesuai dengan bentuknya yang memang seperti benang khusut yang dilipat-lipat. Cemilan manis ini melambangkan ikatan yang erat dan sering digunakan dalam upacara penikahan Makassar.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang oleh-oleh khas makasar lain nya, anda bisa menanyakan pada staf hotel dimana anda menginap. Semoga liburan anda menyenangkan ^_^

 

(560)

Share
2