Basarnas: Pesawat Latih TNI Jatuh Akibat Human Error

Share

Magelang – Pesawat latih TNI AU jenis C dengan nomor penerbangan LD3417 yang jatuh di Magelang, Jawa Tengah, diduga akibat human error. Mesin pesawat sempat mati dan sang pilot Kapten Ali Mustofa tidak sempat memakai parasut penyelamat.

“Pada saat terbang, pesawat diduga sempat mati mesin. Diduga pada saat penerbang terbang, Kapten Pnb Ali Mustofa tidak sempat melakukan upaya penyelamatan dengan melepas parasut penyelamat. Dugaan sementara ini akibat dari faktor human error,” papar Koordinator Lapangan Basarnas, Prabowo, di lokasi kejadian, Jumat (6/1/2012).

Menurut dia, pesawat nahas ini baru selesai di-service. Penerbangan ini merupakan penerbangan uji coba setelah di-service.

Lazada Indonesia

“Korban kapten Ali Mustofa merupakan penerbang berpangkat kapten sehingga tidak perlu adanya penerbang pendamping. Pesawat terbagi menjadi 3 bagian yang terbelah, yaitu bagian sayap, bagian body dan bagian belakang,” ujar Prabowo.

Lazada Indonesia

Pesawat tersebut jatuh di areal persawahan yang lokasinya terletak di perbatasan anatara Dusun Jetis dan Dusun Karangrejo. Lokasi berjarak 25 meter dari Sungai Progo, Kecamatan Bandongan, Magelang, Jawa Tengah.

Saksi mata mengatakan, posisi pesawat terbalik, dan kaca depan kokpit pecah. Sementara kepala dan tubuh Ali Mustofa terjepit antara tempat duduk, kokpit dan roda patah.

(194)

Share
2