Australia Kerahkan Pesawat Militer Orion Untuk Cari AirAsia QZ8501

Share

WWW.K-TRAVEL.INFO | Tidak hanya Malaysia dan Singapura, Australia juga ikut serta dalam upaya pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak. Australia mengerahkan sebuah pesawat militernya pada Senin (29/12) pagi ini.

Disampaikan Australian Defence Force, seperti dilansir AFP, Senin (29/12/2014), sebuah pesawat militer jenis Royal Australian Air Force (RAAF) AP-3C Orion lepas landas dari Darwin pagi ini untuk bergabung dengan upaya pencarian yang dipimpin Basarnas di wilayah perairan Indonesia.

Komandan Angkatan Udara Australia Marsekal Mark Binskin menuturkan, pesawat Orion tersebut akan bisa membantu pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak saat mengudara dari Surabaya menuju ke Singapura.

Lazada Indonesia

“Pesawat RAAF AP-3C Orion telah membuktikan kemampuannya dalam misi pencarian dan penyelamatan dan memiliki radar pencarian yang dilengkapi dengan infra-red dan sensor electro-optical untuk mendukung kemampuan pengamatan visual yang dilakukan oleh awak terlatihnya,” ucap Binskin.

Perdana Menteri Australia Tony Abbott sebelumnya telah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo untuk mengungkapkan niatnya membantu misi pencarian. Kepada Presiden Jokowi, Abbott menyatakan Australia akan melakukan apapun yang bisa dilakukan untuk membantu Indonesia.

Lazada Indonesia

Sementara itu, Australia sendiri juga masih memimpin misi pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 yang hilang pada Maret lalu. Hingga kini, belum ada tanda-tanda keberadaan pesawat yang membawa 239 penumpang dan awak tersebut.

(98)

Share
2