8 Biaya Hotel yang Akan Mengagetkan Anda

Share

WWW.K-TRAVEL.INFO | Butuh uang yang tidak sedikit untuk bisa menikmati kenyamanan maksimal seperti di menginap di hotel. Tapi, ada biaya-biaya yang mungkin akan mengagetkan Anda saat menginap di hotel. Apa saja?

Dalam layanan jasa, ada aneka biaya yang harus dibayar oleh wisatawan. Di hotel, ada 8 biaya yang akan membuat dahi Anda berkerut, demikian ditengok dari CNN Travel, Rabu (12/6/2013):

Lazada Indonesia

1. Biaya check in dini

Waktu check in di hotel pada umumnya adalah sekitar pukul 12.00 hingga 14.00. Saat terpaksa harus masuk lebih pagi, ada harga yang harus dibayarkan. Harga check in dini ke kamar hotel bisa mencapai sekitar USD 50 atau Rp 475 ribu. Harga ini berlaku di kebanyakan hotel di luar negeri.

2. Biaya check out dini

Lazada Indonesia

Harga yang sama berlaku bagi tamu yang pulang lebih cepat. Terdengar tidak adil memang. Namun begitulah peraturannya. Saat check out lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan, seperti sehari sebelum, Anda terpaksa harus membayar biaya check out dini sebesar USD 50 atau Rp 475 ribu.

3. Biaya pembatalan pemesanan

Selain keluar dan masuk lebih cepat, ada juga biaya untuk pembatalan pemesanan. Mungkin hal ini sudah lebih umum terdengar di hotel-hotel Indonesia. Beberapa hotel memberlakukan biaya pembatalan pemesanan kamar. Bahkan di beberapa hotel, Anda bisa saja terpaksa membayar 1 kamar jika membatalkan pemesanan kamar kurang dari 48-72 jam sebelumnya.

4. Biaya minibar

Beberapa tamu senang dengan makanan dan minuman yang ada di minibar. Mereka tak masalah jika menghabiskan dan meminta pihak hotel untuk mengisi penuh minibar kembali. Tapi ternyata, ada juga biaya pengisian ulang makanan dan minuman di minibar. Jadi jangan aneh jika coklat yang biasanya berharga Rp 50 ribu bisa jadi Rp 70 ribu per buah.

5. Tip otomatis

Sebelum memberi tip kepada siapapun, cek kembali tagihan Anda. Apakah biaya yang dibayarkan sudah termasuk biaya jasa. Karena hampir di seluruh hotel, jasa para karyawan yang terlibat langsung dengan tamu seperti petugas pembawa tas, atau pembuka pintu sudah masuk dalam biaya pembayaran. Biasanya, biaya tersebut sebesar 5-10 persen dari total pembayaran Anda.

6. Biaya fitness

Beberapa hotel sedikit culas dengan memasukkan biaya penggunaan alat fitnessnya kepada para tamu. Mereka memasukkan biaya menggunakan alat fitness ke dalam pembayaran Anda.

7. Biaya jasa memegang tas

Saat ini, sudah hampir tidak ada hal yang gratis di dunia ini. Sampai-sampai Anda mau tak mau harus membayar orang yang memegangi tas walau barang sejenak. Hal ini biasa terjadi saat berurusan dengan para karyawan hotel. Memang tidak ada aturan yang tertulis harus memberi tip pada mereka yang telah menolong memegangi tas Anda. Tapi sepertinya tidak pantas hanya mengambil tas tanpa memberikan barang selembar uang ke mereka.

8. Biaya penggunaan WiFi

Satu lagi hal culas yang dilakukan hotel yaitu menjual akses internet yang cepat. Boleh saja mereka menyebut memiliki fasilitas WiFi gratis. Tapi pada kenyataannya, jaringan internet mereka sangat lambat. Lalu ditawarkanlah akses internet cepat, tapi berbayar. Saat terdesak, banyak orang yang tidak mempermasalahkan pembayaran tersebut.

Sumber : detik.com

 

 

(563)

Share
4