5 Taman Kota Dibuka, Istanbul Lebih Hijau

Share

Istanbul. Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada hari Sabtu, 17 November 2018 menghadiri acara pembukaan lima taman kota yang baru di Istanbul. Taman-taman kota dengan ukuran yang cukup luas itu disebut sebagai “millet bahçeleri” (yang dapat diterjemahkan sebagai taman publik) oleh pemerintah. Kelima taman tersebut terlihat menciptakan hamparan hijau yang luas di tengah-tengah kota yang sedang berkembang pesat.

“Dengan dibukanya taman-taman publik, kami memenuhi salah satu komitmen dari program 100-hari masa kerja kami. Terdapat 33 taman umum yang dibangun di 18 kota, kini prosesnya telah mencapai tahap akhir. Tujuan kami adalah untuk menciptakan setidaknya satu taman publik di setiap kota,” kata Erdogan.

Erdogan juga menambahkan bahwa lima taman dengan luas gabungan 1,5 juta meter persegi itu meningkatkan ruang hijau Istanbul per kapita sebesar 10 %. Ia juga mengatakan bahwa setelah pembangunan taman kota lainnya di area Bandara Atatürk, persentase angka tersebut akan naik lebih tinggi.

Distrik Başakşehir yang baru berkembang di kota Istanbul sisi Eropa ini sekarang memiliki tiga taman di lingkungan Başakşehir, Kayaşehir dan Hoşdere, sementara dua lainnya terletak di kompleks Baruthane (mesiu era kuno) di distrik Bakırköy dan Çırpıcı yang berada di distrik Zeytinburnu.

Konsep taman kota yang dirancang oleh Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) mengusulkan untuk mengubah ruang publik lama menjadi taman, sebuah langkah yang selanjutnya akan memajukan agenda partai terkait lingkungan dalam istilah saat ini.(Yn)

Sumber: Daily Sabah

(27)

Share
5